Kodir, Pemancing yang Viral karena Sendirian Menyelamatkan Puluhan Siswa SMPN 1 Turi

Jumat (21/2/2020) sore awal mulanya berjalan biasa untuk sudarwanto, masyarakat dusun kembangarum, desa donokerto, kecamatan turi. petani 37 tahun yang terpanggil kodir oleh tetangganya ini bersiap memancing. kira - kira tiap hari, ia memancing di kali sempor yang melintasi dukuh, dusun di timur kembangarum.

“sudah jadi kerutinan, terlebih sehabis turun hujan deras di mari [turi] ataupun di atas situ [merapi], ikan - ikan hendak banyak, ” kata ia, minggu (23/2/2020).

kodir sudah turun ke kali sore itu. tetapi, belum pernah ditaruhnya perlengkapan pancing, ia mendengar terdengar suara memohon tolong. puluhan murid smpn 1 turi yang menjajaki susur sungai di kali sempor terjebak arus yang deras.

“saya langsung lari ke dasar, nyatanya terdapat sekumpulan kanak - kanak dengan seragam pramuka yang memohon tolong, terdapat pula yang menangis, aku langsung terjun ke sungai, ” kata kodir.

ia jadi salah satunya orang yang menyelamatkan puluhan siswa yang terjebaj arus deras tersebut.

“saya mengambil tangga supaya mereka dapat naik ke sisi sungai. tangga pula aku gunakan buat menyeberangi kali sempor. dikala itu siswa yang hanyut mayoritas perempuan. ”

di hari nahas itu, kedalaman kali sempor yang lazimnya cuma separuh m jadi dekat 2 m.

“anak - anak banyak yang nangis, aku sih maunya nolong seluruhnya, tetapi apa boleh buat, aku cuma berupaya semaksimal bisa jadi, aku aja kira - kira tenggelam, ” kata ia.

kodir tidak menghitung berapa jumlah siswa yang dia selamatkan di kali sempor. yang ia ingat merupakan suara tangisan dan juga muka ketakutan. “saya berkecil hati bahwa mengingat peristiwa itu. ”

kodir jadi viral di medsos sehabis account facebook antox king mengunggah penyelamatan siswa smpn 1 turi yang hanyut di kali sempor di tim facebook mancing mania jogjakarta (mmj) pada sabtu (22/2/2020) jam 17. 53 waktu indonesia barat (WIB). account antox king dipunyai oleh sudianto, 43, orang sebelah kodir di kembangarum.

“saya bagikan ke tim facebook mancing mania jogjakarta supaya para pemancing yang lain terinsipirasi, hingga dikala ini sudah terdapat 8. 000 komen dan juga like, kebetulan aku dan juga mas kodir hobi mancing. mudah - mudahan kebaikan mas kodir meluas kepada pemancing yang lain, ” kata sudianto.





( sumber: https: //jogjapolitan. harianjogja. com/read/2020/02/23/512/1032573/kodir - pemancing - yang - viral - karena - sendirian - menyelamatkan - puluhan - siswa - smpn - 1 - turi )

Getting Info...
-->