Detik-detik Kakek di Jombang Ditandu Karena Sakit Keras & Puskesmas Malah Tutup, Video Viral

seseorang kakek di jombang ditandu karna sakit keras.

warganet di jombang, jawa timur, terbuat trenyuh oleh unggahan seseorang pengguna media sosial (medsos) dengan aplikasi ataupun platform instagram.

account instagram @jalal. jbg dalam video unggahannya menggambarkan beberapa masyarakat beramai - ramai bawa kakek renta yang sakit keras.



video ini juga viral di media sosial semenjak 2 hari terakhir. tepatnya, semenjak diunggah pada minggu, 24 februari 2020.

dalam video ini terlihat seseorang kakek renta yang lumpuh dinaikan dengan suatu tandu oleh sebagian orang dan juga lewat jalur setapak yang licin.

dalam captionnya, @jalal. jbg menyebut yang ditandu bernama warjin, masyarakat dusun rapahombo desa klitih kecamatan plandaan.

mbah warjin yang sakit keras nyatanya bakal dibawa ke salah satu rumah sakit di jombang kota. tetapi, karna keterbatasan akses jalur dan juga infrastruktur yang terdapat, ekspedisi mbah warjin tersebut wajib penuh perjuangan.

ini unggahan caption selengkapnya:

“warjin, 56tahun, masyarakat dusun rapahombo desa klitih kec. plandaan, kab. jombang, mengerang kesakitan. minggu, 23 feb 2020. asam lambungnya kambuh. awal mulanya warjin diantar kendaraan butut kepunyaan padi, kasun rapahombo, ” tulis pengunggah.

“tidak terdapat jalur aspal di dusun rapahombo. mengarah pusat desa klitih berjarak sekira 16km. jalur rabat beton terdekat yang mampu dilintasi kendaraan konvensional berjarak sekira 9km. di tengah ekspedisi, di hutan jati, warjin mengerang. mengaku tidak kokoh bila terus berposisi di kendraan, ” sambung owner account @jalal. jbg.

“warga juga bergeser ke moda transportasi tradisional : ditandu. warjin mengangguk. ekspedisi masih sekira 4km mengarah dusun brangkal desa jipurapah kec. plandaan. posisi layanan kesehatan terdekat. puskesmas pembantu (pustu) dengan satu bidan desa honorer, ” imbuh pengunggah.



“apes. hari minggu pustu tutup. sesampainya di dusun brangkal, dioper dengan kendaraan yang lebih layak. pajero sport kepunyaan organisasi pemuda shidiqiyah (opshid). warjin juga diantar mengarah rumah sakit islam di desa sambongdukuh, kec. jombang. melintasi dusun kedungdendeng desa jipurapah, ” tulis pengguna @jalal. jbg mengakhiri captionnya.

terpisah, kepala desa klitih, siti roaini, dikala dihubungi lewat ponselnya membetulkan video yang pernah viral tersebut mengaitkan warganya.

ia berkata, warjin tepaksa dibawa dengan tandu karna kondisinya yang lekas memerlukan pertolongan. upaya tandu menggambarkan insiatif dari fitur desa setempat.

“benar jadi benar inisiatif pak polo (kasun). sebelumnya pernah dibawa mobilnya kasun tetapi kelamaan, mbah warjin terus menjadi lemas, kesimpulannya dibawa dengan tandu, ” pungkasnya.




( sumber: tribunnews. com )

Getting Info...
-->