Benarkah Ikan yang Menelan Nabi Yunus Masih Hidup Hingga Saat Ini?

Dari banyaknya kehidupan nabi dan juga rasul, cerita nabi yunus jadi salah satu yang begitu menempel dalam ingatan. dikutip dari infoyunik, salah satu kisahnya yang begitu populer merupakan kala si nabi dimakan oleh seekor ikan besar di tengah lautan.

nabi yunus dimakan hidup - hidup dan juga tinggal di dalam perut ikan yang mirip ikan paus ini sepanjang sebagian waktu mengarungi samudera. tetapi berkat taubat dan dzikir yang dia ucapkan, si ikan kesimpulannya memuntahkan isi perutnya sampai - sampai nabi ikut keluar dalam kondisi bernyawa.

ikan ini setelah itu berulang ke lautan dan juga meninggalkan nabi yunus sendirian. cerita antara keduanya benar cuma hingga di sana aja. tetapi, di dikala nabi yunus sudah wafat ribuan tahun silam, si ikan malah dikira masih hidup sampai saat ini. benarkah demikian?

spekulasi timbulnya laporan tentang ikan tersebut masih hidup merupakan tulisan ash shaaffaat ayat : 145. allah mencerahkan bila dikala itu nabi yunus tidak bertaubat, hingga dia hendak tinggal di dalam perut ikan hingga hari kiamat.

“ (139). sebetulnya yunus betul - betul salah seseorang rasul, (140). (ingatlah) kala dia lika dia lari, ke kapal yang penuh muatan, (141). setelah itu dia turut berundi kemudian ia tercantum orang - orang yang kalah dalam undian. (142). hingga dia dimakan oleh ikan besar dalam kondisi tercela. (143). hingga bahwa sekiranya ia tidak tercantum orang - orang yang banyak mengingat allah, (144). tentu dia hendak senantiasa tinggal di perut ikan itu hingga hari berbangkit. (145). (q. s ash shaaffaat ayat 139 - 145).

bersumber pada tafsir dari bermacam sumber, arti “tetap tinggal di perut ikan itu hingga hari berbangkit (145) ”, ialah perut ikan itu hendak jadi kuburnya hingga hari berbangkit. perihal ini setelah itu diasumsikan bila ikan tersebut masih hidup sampai dikala ini.

masyarakat sosial media lagi ramai menyebarkan perihal ini. tetapi, tidak terdapat yang ketahui kebenarannya secara tentu. allah swt berkata bila nabi yunus tidak bertaubat, hingga hendak tinggal di perut ikan sampai hari kiamat.

tetapi pada realitasnya, nabi yunus dikala itu sudah bertaubat kepada allah dan juga diampuni. sampai - sampai terdapat mungkin bila ikan tersebut pula mati.
rasulullah saw pula tidak menarangkan tentang gimana kehidupan ikan tersebut sehabis memuntahkan nabi yunus. wallahu a’lam, dan juga allah lebih ketahui ataupun mahatahu.

ikan yang mirip dengan paus ini pula dijuluki dengan ikan nun. dia melahap nabi yunus as kala meninggalkan kaumnya yang melaksanakan pembangkangan. dengan kemarahannya nabi yunus memilah berangkat dengan memakai kapal meninggalkan penduduk ninawa, di wilayah mosul, irak. cerita ini diceritakan allah swt dalam alquran:

“ketika ia berangkat dalam kondisi marah. ” (al - anbiya: 87).

nyatanya sepeninggal nabi yunus, penduduk ninawa diperlihatkan oleh allah swt hendak musibah besar yang hendak mengenai mereka. sampai - sampai ditengah ketakutan itu mereka bertaubat kepada allah. setelah itu, allah mengampuni penduduk yang awal mulanya menyembah berhala tersebut.

tetapi, nabi yunus tidak mengenali peristiwa itu. dia memilah berangkat dan juga meninggalkan penduduk ninawa dalam keadaan penuh amarah. dia menaiki kapal yang begitu penuh dengan muatan. pada awal mulanya, kapal berlayar dengan tenangnya.

tetapi keadaan ini seketika berbeda. angin kencang menerpa, langit juga gelap hitam dengan awannya. badai terjalin, kapal yang ditumpangi nabi yunus as terombang - ambing dan juga hendak tenggelam. awak kapal juga panik, mereka setelah itu membuang segala muatan yang terdapat di dalamnya. dengan harapan, kapal tidak tenggelam bila muatan menurun.

sayang, trik ini tidak menolong. setelah itu, diusulkan lah supaya terbuat undian buat kurangi manusia yang terdapat di dalamnya. dalam undian tersebut, siapapun yang keluar namanya wajib di buang ke laut.

nyatanya, nabi yunus as tercantum orang - orang yang kalah dalam undian tersebut. awal mulanya penumpang lain tidak menyetujui nabi yunus yang dibuang dari kapal. tetapi sehabis 3 kali undian, nyatanya nabi yunus senantiasa aja kalah.










( sumber: http:// beritasemasa. net/benarkah-ikan-yang-menelan-nabi-yunus-masih-hidup-hingga-saat-ini/ )

Getting Info...
-->