Derita nestapa seolah tiada henti menyerang etnis muslim rohingya. bermacam tes dan juga cobaan berat saat ini wajib mereka hadapi. mulai dari penganiayaan, pembantaian, sampai terusir dari tanah kelahiran mereka seorang diri yang saat ini diucap negeri penggalan rakhine, myanmar.
pemerintah myanmar dikala ini menyangka warga rohingya bagaikan " pendatang haram " yang tidak jelas asal - usulnya. mereka tidak diakui bagaikan masyarakat negeri. bagaikan akibatnya, etnis muslim itu saat ini wajib berjuang keras mengalami penindasan yang dicoba etnis kebanyakan burma. nyawa mereka juga jadi taruhannya.
benarkah orang - orang rohingya merupakan kalangan pendatang di rakhine? pemimpin rohingya yang pula politikus partai pembangunan uni nasional di myanmar, abu tahay, menguraikan sejarah keberadaan kelompok etnis tersebut dalam karya tulisnya, " rohingya belong to arakan and then burma and so do participate. "
di sana disebutkan, sejarah etnis rohingya bermula kala warga kuno generasi indo - arya yang menetap di arakan (rakhine sekarang - - red) memutuskan buat memeluk islam pada abad ke - 8. pada masa - masa berikutnya, generasi baru mereka setelah itu pula mewarisi darah kombinasi arab (berlangsung pada 788 - 801) , persia (700 - 1500) , bengali (1400 - 1736) , dan juga ditambah mughal (pada abad ke - 16).
catatan sejarah mengatakan, syiar islam menggapai arakan saat sebelum 788 masehi. dalam dinamika berikutnya, agama ini sanggup menarik hati warga lokal arakan dan juga mendesak mereka buat memeluk islam secara massal.
semenjak itu, islam memainkan peranan berarti untuk kemajuan peradaban di arakan. umat islam, buddha, dan juga hindu hidup berdampingan sepanjang berabad - abad dalam atmosfer rukun dan juga penuh per sahabatan. " tidak cuma itu, mereka (ke lompok muslim, buddha, dan juga hindu) pula memerintah negara arakan bersama - sama, " imbuh abu tahay.
dijelaskannya, pemerintah arakan pada masa itu sempat keluarkan koin dan juga medali bertuliskan kalimat syahadat dalam bahasa arab dan juga aksara
baca pula
kuserahkan pada tuhan sajadah yang kuhamparkan
jadi orang tua demokratis? libatkan anak dalam diskusi
ayo mendefinisikan ulang arti toleransi
cerita anak smp yang lumpuh karna bangkunya ditarik oleh temannya yang iseng ini jadi viral
kotoran cicak apakah tercantum najis ? nyatanya ini hukum nya
follow kami di mari :
persia. bahasa persia kala itu benar jadi bahasa golongan istana sampai - sampai lumrah untuk raja - raja arakan buat mengadopsi nama - nama islam.
letnan kolonel win maung, yang sempat bekerja di direktorat transmigrasi departemen pertahanan myanmar, sempat menerbitkan novel bertajuk the light of sasana (sinar dari sasana) pada 1997 kemudian. pada taman 65 novel itu disebutkan, agama islam sudah diperkenalkan ke myanmar semenjak 1. 000 - 1. 200 tahun silam.
bukan produk politik
pada era kuno, negeri penggalan rakhine diketahui dengan nama rohang. sedangkan, orang - orang yang menghuni negara itu terpanggil dengan istilah " rooinga " ataupun " rohingya ". dengan demikian, rohingya merupakan kelompok etnik yang timbul lewat kejadian sejarah yang panjang. mereka tidaklah produk politik yang seketika timbul kala inggris menancapkan kekuasaanya di arakan dan juga burma antara 1824 - 1948.
periset asal skotlandia, francis buchanan, mengatakan, kalangan mohammedan (yang secara harfiah berarti `pengikut muhammad ataupun muslim) telah lama menetap di arakan. " orang - orang itu menyebut diri mereka bagaikan rooinga yang berarti warga pribumi asli arakan, " tulis buchanan dalam laporannya, " asiatic research 5 " , yang diterbitkan pada 1799.
sedangkan, sensus yang dicoba pemerintah kolonial inggris di burma pada 1826, 1872, 1911, dan juga 1941 pula mengatakan, warga rohingya yang diidentifikasi bagaikan muslim arakan merupakan salah satu ras asli di burma.
bagi hasil dokumentasi sil internasional (suatu lembaga bahasa dunia yang mempunyai status konsultatif spesial dengan pbb) , bahasa rohingya myanmar masuk dalam rumpun dialek indo - arya. bahasa ini terdaftar dengan kode " rhg " dalam tabel iso 639 - 3.
walaupun dialek yang dipertuturkan orang - orang rohingya berubah dengan yang diucapkan penduduk burma di rakhine saat ini, dalil sejarah meyakinkan bahasa rohingya memiliki kesamaan dengan bahasa yang dipakai warga vesali kuno (antara 327 - 818).
di samping itu, hasil kajian universitas oxford sejauh 1935 - 1942 merumuskan, kebudayaan rohingya sama tuanya dengan umur monumen batu ananda sandra yang didirikan di arakan pada abad kedelapan silam.
seluruh catatan di atas mampu jadi cerminan kalau etnik muslim rohingya mempunyai pangkal sejarah yang kokoh bagaikan salah satu ras pribumi asli di rakhine - - yang saat ini jadi penggalan dari daerah myanmar. oleh karna itu, tidak terdapat pembenaran buat mencap etnik rohingya bagaikan ras asing cuma karna mereka menganut ajaran islam dan juga memakai nama - nama muslim.
(oleh ahmad islamy jamil/republika)
(sumber : http: //wowmuslim. blogspot. com/2017/09/etnis - rohingya - bukan - pendatang - haram. html)
pemerintah myanmar dikala ini menyangka warga rohingya bagaikan " pendatang haram " yang tidak jelas asal - usulnya. mereka tidak diakui bagaikan masyarakat negeri. bagaikan akibatnya, etnis muslim itu saat ini wajib berjuang keras mengalami penindasan yang dicoba etnis kebanyakan burma. nyawa mereka juga jadi taruhannya.
benarkah orang - orang rohingya merupakan kalangan pendatang di rakhine? pemimpin rohingya yang pula politikus partai pembangunan uni nasional di myanmar, abu tahay, menguraikan sejarah keberadaan kelompok etnis tersebut dalam karya tulisnya, " rohingya belong to arakan and then burma and so do participate. "
di sana disebutkan, sejarah etnis rohingya bermula kala warga kuno generasi indo - arya yang menetap di arakan (rakhine sekarang - - red) memutuskan buat memeluk islam pada abad ke - 8. pada masa - masa berikutnya, generasi baru mereka setelah itu pula mewarisi darah kombinasi arab (berlangsung pada 788 - 801) , persia (700 - 1500) , bengali (1400 - 1736) , dan juga ditambah mughal (pada abad ke - 16).
catatan sejarah mengatakan, syiar islam menggapai arakan saat sebelum 788 masehi. dalam dinamika berikutnya, agama ini sanggup menarik hati warga lokal arakan dan juga mendesak mereka buat memeluk islam secara massal.
semenjak itu, islam memainkan peranan berarti untuk kemajuan peradaban di arakan. umat islam, buddha, dan juga hindu hidup berdampingan sepanjang berabad - abad dalam atmosfer rukun dan juga penuh per sahabatan. " tidak cuma itu, mereka (ke lompok muslim, buddha, dan juga hindu) pula memerintah negara arakan bersama - sama, " imbuh abu tahay.
dijelaskannya, pemerintah arakan pada masa itu sempat keluarkan koin dan juga medali bertuliskan kalimat syahadat dalam bahasa arab dan juga aksara
baca pula
kuserahkan pada tuhan sajadah yang kuhamparkan
jadi orang tua demokratis? libatkan anak dalam diskusi
ayo mendefinisikan ulang arti toleransi
cerita anak smp yang lumpuh karna bangkunya ditarik oleh temannya yang iseng ini jadi viral
kotoran cicak apakah tercantum najis ? nyatanya ini hukum nya
follow kami di mari :
persia. bahasa persia kala itu benar jadi bahasa golongan istana sampai - sampai lumrah untuk raja - raja arakan buat mengadopsi nama - nama islam.
letnan kolonel win maung, yang sempat bekerja di direktorat transmigrasi departemen pertahanan myanmar, sempat menerbitkan novel bertajuk the light of sasana (sinar dari sasana) pada 1997 kemudian. pada taman 65 novel itu disebutkan, agama islam sudah diperkenalkan ke myanmar semenjak 1. 000 - 1. 200 tahun silam.
bukan produk politik
pada era kuno, negeri penggalan rakhine diketahui dengan nama rohang. sedangkan, orang - orang yang menghuni negara itu terpanggil dengan istilah " rooinga " ataupun " rohingya ". dengan demikian, rohingya merupakan kelompok etnik yang timbul lewat kejadian sejarah yang panjang. mereka tidaklah produk politik yang seketika timbul kala inggris menancapkan kekuasaanya di arakan dan juga burma antara 1824 - 1948.
periset asal skotlandia, francis buchanan, mengatakan, kalangan mohammedan (yang secara harfiah berarti `pengikut muhammad ataupun muslim) telah lama menetap di arakan. " orang - orang itu menyebut diri mereka bagaikan rooinga yang berarti warga pribumi asli arakan, " tulis buchanan dalam laporannya, " asiatic research 5 " , yang diterbitkan pada 1799.
sedangkan, sensus yang dicoba pemerintah kolonial inggris di burma pada 1826, 1872, 1911, dan juga 1941 pula mengatakan, warga rohingya yang diidentifikasi bagaikan muslim arakan merupakan salah satu ras asli di burma.
bagi hasil dokumentasi sil internasional (suatu lembaga bahasa dunia yang mempunyai status konsultatif spesial dengan pbb) , bahasa rohingya myanmar masuk dalam rumpun dialek indo - arya. bahasa ini terdaftar dengan kode " rhg " dalam tabel iso 639 - 3.
walaupun dialek yang dipertuturkan orang - orang rohingya berubah dengan yang diucapkan penduduk burma di rakhine saat ini, dalil sejarah meyakinkan bahasa rohingya memiliki kesamaan dengan bahasa yang dipakai warga vesali kuno (antara 327 - 818).
di samping itu, hasil kajian universitas oxford sejauh 1935 - 1942 merumuskan, kebudayaan rohingya sama tuanya dengan umur monumen batu ananda sandra yang didirikan di arakan pada abad kedelapan silam.
seluruh catatan di atas mampu jadi cerminan kalau etnik muslim rohingya mempunyai pangkal sejarah yang kokoh bagaikan salah satu ras pribumi asli di rakhine - - yang saat ini jadi penggalan dari daerah myanmar. oleh karna itu, tidak terdapat pembenaran buat mencap etnik rohingya bagaikan ras asing cuma karna mereka menganut ajaran islam dan juga memakai nama - nama muslim.
(oleh ahmad islamy jamil/republika)
(sumber : http: //wowmuslim. blogspot. com/2017/09/etnis - rohingya - bukan - pendatang - haram. html)