4 Keutamaan Ayat Kursi Menurut Sunnah Rasulullah

Anonim
Berikut ini hendak kami paparkan 4 keutamaan ayat kursi bagi sunnah rasulullah saw. keutamaan ayat kursi serupa dipaparkan imam ibnu katsir dalam tafsirnya,

“ayat kursi ini mempunyai peran yang amat agung. dalam hadits sahih dari rasulullah saw disebutkan kalau ayat kursi menggambarkan ayat teragung ada dalam al - qur’an” (tafsir al - quran al - ‘azhim).

banyak sekali keutamaan daripada ayat kursi. disini cuma dipaparkan 4 keutamaan ayat kursi bagi hadis rasulullah saw.

1. ayat kursi merupakan ayat yang amat agung dalam al - quran
keutamaan membaca ayat kursi yang kesatu merupakan cerita dari rasulullah saw bertanya kepada ubay. memandang persoalan yang diajukan oleh rasulullah saw kepada ubay bin ka’ab,

“ayat manakah yang amat agung dalam kitabullah? ” ubay menanggapi, “ayat kursi. ” hingga nabi muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada ubay dan juga setelah itu mengatakan, “wahai abu mundzir, mudah - mudahan engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki. ” (hr. muslim).

ayat kursi ini dikategorikan bagaikan ayat yang amat agung, ini diakibatkan didalamnya ada nama allah sawt yang amat agung, ialah al - hayyu dan juga al - qayyum.

2. keagungan ayat kursi melebihi langit dan juga bumi
rasulullah saw bersabda, “tidaklah allah swt menghasilkan langit dan juga bumi melebihi agungnya ayat kursi (karna di dalam ayat kursi tersebut telah mencakup nama dan juga watak allah swt) ”

sufyan ats - tsauri mengatakan, “sebab ayat kursi ini menggambarkan (salah satu) kalamullah (perkataan allah swt) , sebaliknya kalamullah itu lebih agung dari ciptaan allah swt yang berbentuk langit dan juga bumi” (hr. at - tirmidzi)

3. ayat kursi merupakan salah satu teks zikir saat sebelum tidur
nabi muhammad saw bersabda, “apabila engkau menghadiri tempat tidur (di malam hari) , bacakanlah ayat kursi, tentu allah swt hendak tetap menjagamu dan juga syaitan tidak hendak mendekatimu sampai waktu pagi” (hr. al - bukhari).

jadikanlah ayat kursi ini bagaikan zikir teratur yang dibaca kala akantidur. tidak hanya itu, ayat kursi yang terdapat dalam al - qur’an ini pula tercantum teks dzikir pagi dan juga petang.

4. salah satu karena masuk surga
rasulullah saw bersabda, “barangsiapa yang membaca ayat kursi sehabis tuntas shalat, hingga tidak terdapat yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian” (hr. an nasa - i, dinilai shahih oleh syaikh al - albani).

4 keutamaan ayat kursi bagi hadits rasulullah saw sudah kita tahu. apabila kita merutinkan dalam membacanya, hingga kita hendak memperoleh keutamaan yang amat banyak dari ayat tersebut.

sepatutnya tiap umat islam bergairah dalam melaksanakan perbuatan yang berguna untuk pribadinya, spesial buat akhirat. ayat kursi seorang diri tidaklah ayat yang amat gampang buat kita hafal. mudah - mudahan allah swt mudahkan kita buat mengamalkannya. amin..





(sumber: webislami. com )

Getting Info...
-->